Rakoor Penceramatan Desain dan Materi APK dan BK Pemilu 2019

KPUPAREPAREKOTA.GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare mengundang pelaksana kampanye partai politik dan LO Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk membahas Pencermatan Desan dan Materi Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilu 2019.

Dalam Sambutannya, ketua KPU Kota Parepare, Nurnahdiyah mengatakan, sudah banyaknya sapanduk dan baliho namun KPU Kota Parepare belum menerima APK tambahan dari Parpol.

” Maka kami mengundang hadirin sekalian untuk bersama-sama membahas ini. Ada norma dan aturan yang harus kita patuhi bersama. Desain harus diperhatikan agar tidak menjadi persoalan kemudian hari,” jelasnya, Selasa 6 Nopember 2019.

Selain itu, sambung Nurnahdiyah, Caleg bisa saja melakukan tindakan yang dapat mecederai partai apa bila ditemukan perbuatan yang melanggar aturan sesuai yang telah tertuang dalam PKPU. ” Kita akan bersama-sama melihat desan, kemudian kita bisa dibahas agar dikemudian hari tidak ada lagi komplain dari caleg.” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa kampanye, sangat erat kaitannya dengan laporan dana kampanye. Apa bila ditemukan caleg yang melakukan pembagian namun tidak ada laporan dananya, bisa membahayakan Partainya.

” Mau mencetak APK dan BK, jangan dilakukan sendir. Harus masuk dulu ke parpol Agar bisa dimetahui dan jelas arahnya.” tutupnya.

Proses Pencermatan Desain dan Materi APK, dipimpin oleh Divisi SDM dan Parmas, Mursalin Muslimin. Adapun dalam agenda pencermatan yakni Desan dan materi APK yang difasilitasi KPU, Ukuran, materi, konten dan desain keseluruhan apakah memenuhi standar.

Metode yang digunakan KPU dalam melakukan pencernatan, memanggil  pelaksana kampanye partai untuk naik kedepan dan membahas APK tersebut. Masih ada beberapa partai yang belum menyelesaikan desainnya, namun diberikan waktu hingga kamis 8 Nopember 2018 . Tidak hanya Parpol, desan DPD dan Capres-Cawapres juga dilakukan pencermatan.

Berikut beberapa dokumentasinya ;

(Humas KPU Kota Parepare/Hupmas)