Ingin Memilih tapi Tak Terdaftar di DPT, Warga Harus Lakukan Ini

KPU Kota Parepare
Kasubbag Program dan Data KPU Kota Parepare, Sitti Kadriyah Kadir.

kpupareparekota.go.id — Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 95.147 pemilih pada Rabu 18/4/2018 lalu, namum tidak menutup kemungkinan masih ada warga yang tidak terdafatar di DPT.

KPU Kota Parepare, melalui Kasubbag Program dan Data, Sitti Kadriyah Kadir menjelaskan, tidak terdaftarnya warga di DPT, diakibatkan pada saat pendataan warga tersebut tidak berada di rumahnya. Juga, warga tersebut baru saja melakukan pindah domisili.

“Pada saat pendataan warga itu tidak berada di rumahnya, nanti menjelang pemungutan suara, dia baru datang. makanya tidak terdaftar di DPT,” kata Rya -sapaan akrab Kasubbag Program dan Data- saat ditemui di ruangannya, Senin (30/4/2018).

Untuk itu, Sambung Rya, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 tahun 2017, tentang pemutakhiran data dan penyusuunan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota dijelaskan, bagi warga yang tidak terdaftar di DPT, pada saat hari pemungutan suara dapat menggunkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan cara membawa KTP-EL atau suket dari disdukcapil.

“Warga tidak usah khawatir. Yang tidak terdaftar di DPT bisa membawa KTP-EL atau surat keterangan dari disdukcapil di TPS sesui alamat pemilih. Di TPS, nanti akan dimasukkan pada Daftar Pemilih Tambahan (Dptb) oleh petugas,” urainya.

“Bagi warga yang sudah terdaftar di DPT, namum menjelang hari pemungutan tidak mendapatkan undangan atau model C6 dari PPS karena dia tidak berada di rumah saat C6 dibagikan, warga juga harus membawa KTP elektroniknya ke TPS.” Tutup Riya. (Teknis dan Hupmas)